This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Panduan Haji Ketika Tiba di Madinah - Panduan Islam

Panduan Haji Ketika Tiba di Madinah
kaemfret.blogspot.com - KEDATANGAN DI MADINAH BAGI GELOMBANG I DAN DI JEDDAH BAGI GELOMBANG II

Di Bandara Madinah / Jeddah.
1. Keluar dari pesawat melalui Balai Gajah menuju Gate (ruang penerimaan). Jangan panik dan kaget masuk diruangan AC banyak petugas dari Arab Saudi, tetapi jg ada Petugas kita yaitu Yansus (Pelayanan Khusus)
2. Petugas dari Arab Saudi (Yunasco) membaur menjadi satu dgn Yansus, calon jamaah Haji diarahkan untk duduk, pria dan wanita dipisah tempatnya, tetapi terbuka. Biasanya di tempat (ruang) bersama ni mendapatkan penjelasan dari petugas kita di bandara (Yansus)
3. Di ruang kedua para jamaah diharap duduk berderetuntuk antri satu persatu yg dipandu Petugas Imigrasi Arab Saudi untk diperiksa paspornya. Tempatnya masih terpisah antara pria dan wanita.
4. Pemeriksaan khusus diruang kedua tertutup oleh Petugas Muassasah, pria dan wanita masih terpisah yg pria akan diperiksa oleh petugas pria dan sebaliknya wanita jg Petugas wanita. Karena itu tas berisi barang berharga / uang agar dibawa sendiri.
5. Masuk ke ruang ketiga, para calon jamaah Haji dikumpulkan menjadi satu pria dan wanita. Barang bawaan masuk dirangan lewat X-ray, para jamaah memilih barang bawaan sendiri - sendiri dan dibuka kuncinya dan akan diperiksa oleh petugas Bea Cukai Arab yg berseragam jubah ( gamis )
6. Dalam pemeriksaan ni jamaah harus membuka semua tas / kopor. Barang yg dilarang tak akan lolos. Perlu diingat jangan membawa baju, jaket / alat yg lain berbau militer, karena akan menyulitkan.
7. Setelah pemeriksaan barang selesai, maka paspor , tas tentengan ataupun yg dibawa akan ditempeli stiker kecil sebesar perangko. Dipintu keluar ada yg memeriksa barang tersebut sudah ada stikernya / belum.
8. Para jamaah membawa barang bawaan sendiri - sendiri. Mulai dari sini para jamaah sibuk bekerja untk dirinya masing - masing, karena itu dianjurkan jangan terlalu berat bawaannya karena akan meyulitkan.
9. Para jamaah diharapkan meyesuaikan diri dgn keadaan dan suhu udara di Arab Saudi. Perbanyak minum dan makan buah buahan.
10. Petugas musiman dari Indonesia sudah menjemput kita di luar dan diarahkan ke tempat khusus jamaah dari Indonesia. Barang bawaan sudah ada yg mengangkat dari kuli - kuli Arab dgn mengunakan kereta dorong yg besar.
11. Petugas TPHI ( ketua Kloter ) melaporkan diri ke sektor Bandara tentang keadaan jamaah dan semua jamaah istirahat sementara lalu mempersiapkan diri ke Mekkah untk gelombang II.
12. Bagi jamaah haji gelombang II yg berpendapat bahwa Miqotnya di Jeddah akan berangkat ke Mekkah dgn mengadakan persiapan : mandi, wudlu, berpakaian Ihrom, Sholat Sunnah Ihrom dan niat Umroh. Selama dlm perjalanan ke Mekkah disunnahkan membaca Talbiyah.

Perjalanan dari Bandara Madinah
1. Perjalanan dari bandara Madinag selama kurang lebih 1/2 jam. Dalam perjalanan jamaah disarankan memperbanyak dzikir.
2. Turun dari bis hendaknya berombongan agar tak bingung.
3. Para jamaah dimohon untk selalu bekerja sama untk mengikuti petunjuk Petugas yg ditentukan.
4. Segera melaporkan kepada Petugas apabila ada kesulitan, misal : kehilangan barang, dsb.
5. Jangan turun dari bus sebelum ada perintah.
6. Biasanya akan dpt kartu pondokan bila sudah masuk kamar (dibagikan oleh karu/karom)
7. Awasi barang - barang yg diturunkan dari bis terutama segera dicari kopernya sendiri agar tak salah angkut ke lantai yg paling tinggi.


Penempatan di Madinah
Penempatan di Madinah bagi gelombang I dilaksanakan sebelum Haji dan gelombang II dilaksanakan sesudah Haji. Hal - hal yg perlu diperhatikan antara lain :
1. Jangan turun dari bis sebelum ada ada pengumuman dari petugas.
2. Mendengarkan penjelasan dari Petugas tentang pembagian kamar.
3. Barang - barang akan diturunkan dari atas bis oleh kuli angkut dan dibawa ke tempat penginapan ( awasi kopernya sendiri )
4. Masing - masing membawa barang - barangnya ke kamar.
5. Jika terjadi peristiwa kehilangan / sakit sebaiknya dilaporkan ke Petugas (Ketua Rombongan)
6. Istirahat dlm kamar sambil menunggu ke Masjid.
7. Kenali lokasi penginapan anda dgn melihat petunjuk yg telah tersedia untk menghindari salah alamat / kesasar.
8. Terimalah pembagian kamar apa adanya, sebab ni bagian ujian kesabaran bagi janaah Haji.
9. Sebaiknya apabila ke masjid / kemana saja berangkat secara rombongan 3 - 4 orang.
10. Menjaga kesehatan dan menghindari panas, kalau dpt pakai kacamata hitam.
11. Setelah satu hari berada di Madinah, jamaah dpt berziarah ke makam Rosululloh SAW, Sayidina Abu Bakar RA, Sayidina Umar, Raudhah ( Dalam Masjid Nabawi ) dan ke pekuburan Baqi’. Ziarah di pandu oleh Muzawir dari Majmu’ah / Muassasah
12. Salah satu hari jamaah dibawa berziarah ke Masjid Quba’, Jabal Uhud, Masjid Qiblatain dan Masjid Tujuh / Khandaq. Kendaraan disediakan oleh Majmu’ah / Muassasah gratis. Tanyakan waktunya kepada karu
13. Ingat dan kenali rombongan dan bus yg anda tumpangi

Keberangkatan ke Mekkah
1. Setelah di Madinah tujuh hari harus siap - siap Umroh ke Mekkah mengemasi barang - barang dan menyiapkan kain Ihrom yg akan dipakai serta menghafalkan larangan - larangan Ihrom.
2. Berangkat menuju Mekkah sesuai dgn tanggal dan waktu sesuai dgn rombongan masing - masing.
3. Melaporkan kepada Petugas sekiranya ada teman yg sakit.
4. Sehari sebelumnya barang - barang dan tas sudah dirapikan, kecuali baju Ihrom.
5. Sebelum meninggalkan Kota Madinah melaksanakan ziarah Wada’ ke makam Rasululloh SAW.
6. Mandi sunah Ihrom dan memakai pakaian Ihrom di tempat penginapan.
7. Naik bis sesuai dgn rombongan yg telah ditetapkan, bis akan berhenti di Bir Ali mengambil Miqot dan Niat serta menunaikan Sholat Sunnah Ihrom. Jika mengambil Haji Ifrad hendaklah niat Ihrom Haji, jika Haji Tamattu’ niat Ihrom Umroh.
8. Saat turun di Bir Ali perhatikan dgn baik tempat parkir bis kita dan jangan turun sendirian.
9. Di Masjid Bir Ali wudhu bersama, sholat bersama jangan pisah dgn teman.
10. Bagi jamaah gelombang I yg telah selesai melaksanakan ibadah Haji mengadakan persiapan berangkat ke Jeddah. Rapikan barang untk dibawa pulang.


Silahkan lanjut baca Perjalanan Haji di Mekkah

Semoga bermanfaat...

other source : http://merdeka.com, http://tipsislami.blogspot.com, http://bbc.co.uk

0 Response to "Panduan Haji Ketika Tiba di Madinah - Panduan Islam"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *