This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Berkendara Aman Saat Musim Hujan - Info Tips

kaemfret.blogspot.com - Tips Berkendara Aman Saat Musim HujanBerkendara Aman Saat Musim Hujan
Jalan raya memiliki kualitas yg bervariasi. Ada yg halus dan mulus, ada yg bergelombang, bahkan berlubang-lubang. Jika kondisi cerah hal yg dihadapi tak terlalu berat bagi pengendara sepeda motor. Tapi sebaliknya jika sudah memasuki musim hujan. Perlu adanya perhatian terhadap sepeda motor , hal ni untk lebih melindungi pengendara dari kecelakaan.Berikut ni tips untk menghadapi kondisi jalan yg beragam saat musim hujan.
A. TIPS PEMERIKSAAN KONDISI SEPEDA MOTOR.
Pemeriksaan Kembang Ban
Ban adlh bagian yg vital pd sepeda motor , apalagi digunakan pd saat hari hujan. Untuk mendapatkan kinerja maksimal, ban harus dirawat dgn baik.
Ban yg aus akan berkurang kemampuannya baik dlm ketahanan maupun fungsi traksinya. Sebaiknya ban diganti jika kembang ban sudah tinggal sedalam 0.8 mm. Jangan menunggu ban benar-benar gundul. Karena Saat melewati genangan air �Alur Ban� tersebut akan menyalurkan air kearah samping ban. Jika tak ada alurnya �Air tak dpt di distribusikan kearah samping akibatnya ban terangkat diatas permukaan air. Hal tersebut akan membuat sepeda motor oleng. Perhatikanlah hal hal berikut ni :
1. Gunakan tipe ban yg tepat sesuai dgn kondisi penggunaan, kapasitas pembebanan dan kecepatannya.
Tips : Jika melakukan penggantian Ban, Sebaiknya menggunakan merk dan Tipe yg sama antara Ban Depan dan belakang. Tipe kembang yg berbeda akan menyebabkan kinerja Ban berlainan. Cara aman gunakanlah tipe Ban yg direkomendasi oleh Pabrikan sepeda motor yg anda pakai karena pasti pihak pabrikan sudah melakukan test dgn berbagai kondisi cuaca.
2. Tekanan ban harus dijaga sesuai spesifikasi pabrikan. Walaupun hal ni sangat penting dan mudah untk dilakukan, tapi banyak pengguna motor yg tak memperhatikannya.
Pemeriksaan tekanan Angin pd Ban , sebaiknya sesuai standard (Bacalah spesifikasi Pabrik pd buku panduan Pemilik). Jika terlalu rendah tekanannya Sepeda motor terasa berat saat dikendarai dan akan mudah bocor karena Ban Bagian dlm akan bergesekan dan menimbulkan panas berlebih. Jika terlalu kencang tekanannya akan terasa tak stabil pd kecepatan menengah dan tinggi karena permukaan ban yg menyentuh permukaan jalan terlalu kecil.
3. Pasanglah �Tutup pentil� , karena akan mencegah masuknya kotoran dan jg berfungsi sebagai penyekat tambahan. 4. Jika anda memakai ban tubeless (tanpa ban dalam), usahakan saat mengganti ban dgn yg baru, ganti jg pentilnya karena pd pentil terdapat O ring yg terbuat dari karet yg akan berubah sifat kekerasan dan elastisitasnya seiring dgn waktu pemakaiannya. O ring yg sudah mengeras biasa akan retak sehingga mengakibatkan kebocoran.
5. Disarankan saat mengganti ban luar, ban dlm jg diganti bersamaan. Ban dlm yg sudah lama dipakai, akan mudah mengalami kebocoran. Apalagi jika sudah terlalu banyak tambalannya.
Pemeriksaan Sistim pemasukan Bahan Bakar & Karburator
Saat hujan menyebabkan kadar udara (02) sebagai pencampur bahan bakar yg disedot oleh karburator banyak mengandung air sehingga jika kondisi Sistim Bahan bakar seperti Tanki Bahan Bakar, Kran Bahan Bakar dan pipa bahan bakar terdapat karat / kandungan air akan mengakibatkan kinerja mesin tersendat. Hal itu akan lebih menyusahkan dlm kondisi hujan. Datang ke Bengkel Resmi untk perawatan berkala.
Pemeriksaan Oli Mesin.
Saat hujan kondisi udara yg banyak mengandung air dan terdapat genangan air di beberapa jalan yg tinginya lebih dari 30 cm (ukuran lutut orang dewasa) tentunya akan memudahkan air masuk ke dlm mesin dan tercampur dgn oli. Hal itu mudah dideteksi pengendara yaitu dgn melihat oli apakah berubah warna menjadi �PUTIH SUSU�. Jika ya artinya air sudah tercampur. Segera lakukan penggantian oli jika telah melewati jalan banjir yg cukup tinggi. Hal ni guna menghindari kerusakan yg lebih parah pd mesin.
Pemeriksaan Filter Udara.
Air dpt masuk jg lewat filter udara. Terutama jika melewati genangan air yg cukup tinggi / banjir . Jika air tak terlalu tinggipun berpotensi masuk ke mesin terutama jika kendaraan roda empat melaju disamping sepeda motor / dari arah berlawanan. Akan membuat gelombang air dan menghantam bagian depan motor akibatnya air masuk melalui filter udara. Jika jumlah air terlalu banyak yg masuk , akan berakibat yg lebih parah yaitu �Water Hammer�. Water hammer adlh pukulan yg keras pd ruang bakar yg menyebakan kerusakan parah pd mesin seperti : Bengkoknya tangkai torak (Connecting Rod), Piston Pecah dll.
Pemeriksaan Sistim Pengereman.
Periksalah fungsi kerja Rem depan dan belakang, lakukan simulasi pengereman sebelum mengendarai beberapa kali untk memastikan fungsinya bekerja dgn baik, selain fungsi deteksilah apakah ada suara berdecit jika ya, artinya permukaan Lining Kanvas Rem sudah licin dan perlu perawatan. Jika fungsinya terasa kurang baik periksalah ketebalan Rem dgn melihat langsung tebal Pad (Rem Disk) dan lihat indikator ketebalan pd Rem tipe Drum. Jika terlalu kecil segera lakukan penggantian di Bengkel Resmi.
Pemeriksaan Sistim Kemudi
Yang terakhir, periksalah sistem kemudi, karena diperlukan kestabilan yg baik saat berkendara saat hari hujan. Disamping itu sulit memprediksi kondisi jalan seperti lubang , bebatuan / saat menghindari pengendara lain yg tiba tiba berhenti. Mintalah mekanik Bengkel Resmi untk memeriksanya. Atau anda bisa lakukan tips berikut untk pemeriksaan awal :
1. Posisikan sepeda motor pd Standard Utama (Main Stand)
2. Peganglah kedua Front Fork (Fork Depan) sambil berjongkok
Tapi sebelum itu pastikan Posisi Jari tangan anda tak terlalu dekat dgn Disk Brake Depan karena akan terluka. Kondisi Sepeda motor tak goyang goyang. dan pastikan disekitarnya tak terdapat orang lain.
3. Dorong dan tarik kearah depan dan belakang
4. Rasakanlah apakah terdapat kelonggaran / tidak.
Jika terdapat kelonggaran (Oblak), segeralah minta mekanik untk mengencangkannya dan periksa kembali berat dan ringan gerakan kemudinya
B. TIPS PERSIAPAN SEBELUM BERKENDARA.
Helmet.
Saat hujan lebat dpt menyulitkan pandangan pengendara, apalagi jika hujan sangat lebat. Diperlukan Helmet yg dilengkapi dgn kaca pelindung sehingga pandangan tetap aman saat berkendara. Periksalah kaca helmet tak boleh buram / baret baret .
Tips : Biasanya saat berkendara saat hari hujan , napas kita akan membuat embun dibagian kaca bagian dalam. Dan saat hujan lebat sulit melihat dgn pandangan yg jelas. Oleskan Cairan �Shampo� Pada permukaan kaca untk menghilangkan sisa oli / kotoran. Hal ni akan memudahkan saat mengusapnya kotoran saat berkendara.
Jas Hujan.
Pilihlah jas hujan yg tak terlalu besar , pilihlah yg ukurannya pas di tubuh kita / jenis �Celana Panjang� karena akan mempwermudah gerakan tubuh saat berkendara. Hindari penggunaan jas tipe �JUBAH� karena sangat berbahaya, sebab ukuran yg terlalu besar membuat selalu berkibas terkena terpaan angin bahkan tak jarang tersangkut pd bagain rantai, hal ni tentunya dpt menyebabkan kecelakaan.
Barang Bawaan.
Sebaiknya hindari Barang bawaan / jika harus dibawa, ukurannya tak lebih dari
Selain mudah basah, hal itu jg dpt mengganggu pengendara. Gunakanlah tas Punggung / mengikatnya dibagian jok belakang.
C. TIPS MELEWATI KONDISI JALAN.
Jalan dgn genangan air
Saat melewati genangan air, usahakan untk mengurangi kecepatan karena genangan air membuat traksi ban berkurang. Jika kondisi lalu lintas disekitarnya memungkinkan, usahakan untk menghindarinya karena kita tak tahu sedalam apa genangan air tersebut.
Jalan dgn banyak pasir, berlumpur / banyak daun kering
Jalan seperti ni jg bisa membuat kita kehilangan kontrol kemudi / ban selip. Cara terbaik memang dgn menghindari, tapi jika sudah terlalu dekat akan sangat berbahaya untk berbelok-belok menghindar. Sebaiknya kurangi kecepatan dan melintas secara perlahan.
Polisi tidur
Saat melewati polisi tidur, kurangi kecepatan dan lewati secara tegak lurus.
Jalan bergelombang / berbatu-batu
Untuk melewati jalan seperti ini, gunakan gigi rendah dan melintas perlahan dgn hati-hati. Hindari memindah gigi dan berkendara dgn sedikit mengangkat pantat akan lebih memudahkan untk menyeimbangkan kendaraan.
Melewati lempeng baja
Pada jalan yg sedang ada perbaikan gorong-gorong, kadang kita harus berjalan diatas lempeng baja contoh Perlintasan Kereta Api/Rel, penutup lubang saat perbaikan jalan dll. . Jika kondisi basah dan sedikit berlumpur, lempeng baja akan menjadi sangat licin. Melintas dgn perlahan dan hati-hati.
Tumpahan oli
Oli yg tumpah dijalan sangat membahayakan karena dpt menghilangkan traksi ban, kemudi menjadi susah dikontrol. Saat melewati tumpahan oli, usahakan jangan sampai melewati dgn kondisi miring / berbelok. Lebih baik berjalan tegak lurus dan usahakan mengurangi kecepatan.
Kondisi hujan
Jalan yg basah membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh. Jaga jarak lebih panjang agar terhindar dari tabrak belakang. Saat berbelok jg harus dlm kecepatan yg lebih rendah daripada saat kita melewati dlm kondisi kering.
Mungkin beberapa keterangan diatas dpt mengingatkan kita saat kita berkendara agar dpt berkendara secara aman.

other source : http://bbc.co.uk, http://flickr.com, http://mchoyaza.blogspot.com

0 Response to "Berkendara Aman Saat Musim Hujan - Info Tips"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *