This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat - Pada dasarnya memang menentukan masa depan yg terbaik bukanlah suatu hal yg mudah untk dilakukan. Hal tersebut paling sering terjadi bagi sobat - sobat yg baru saja lulus dari SMA / SMK. Biasanya masa depan yg diinginkan itu bergantung pd skill yg akan kalian kuasai kelak. Oleh karena itulah biasanya para siswa yg baru lulus tersebut akan sedikit kebingungan dlm menentukan universitas mana yg baik, jurusan apa yg mau diambil. dan mau kuliah dimana, dan lain sebagainya. Bahkan banyak diantara teman - teman saya yg berkata seperti ni "aduh, Gue salah ambil jurusan nich kayaknya!". Oleh karena itu sebaiknya kalian harus memikirkan terlebih dahulu jurusan apa yg ingin diambil oleh kalian. Jawaban itu sebenarnya ada pd diri kalian sendiri untk membaca minat yg sesuai dgn jurusan kalian.
Memilih Jurusan Kuliah Dapat Melalui Berbagai Macam Cara
Dalam menentukan jurusan studi saat kuliah memang dpt ditentukan dgn berbagai macam cara. Kali ni kita mulai dari menentukan kualitas, biaya, pendapat dari para alumnas universitas, sampai dgn prospek ke depannya setelah lulus dari jurusan studi yg kalian pilih nanti. Sekarang ni sudah masuk era informasi, dimana kita sebagai pengguna di masyarakat dpt mencari informasi yg diharapkan dgn mudah melalui perkembangan teknologi. Kemudahan tersebut dpt kita gunakan untk memilih jurusan studi yg akan ditentukan agar kalian tak merasa salah mengambil jurusan studi.
Apa Yang Menjadi Faktor Penting Dalam Menentukkan Jurusan Kulliah?
Sebenarnya hal apa sajakah yg sebaiknya perlu untk diketahui dlm rangka menetukan jurusan studi kuliah yg ideal bagi kalian? Nah, untk menjawab hal tersebut, kali ni saya sudah membuat artikel mengenai 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat. Sebaiknya dibaca secara baik - baik dan diambil yg kalian rasa cukup penting.
10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat
1. Kemampuan di Bidang Tersebut
Pastikanlah kalian memilih jurusan studi kuliah nanti di bidang yg kalian kuasai. Janganlah kalian mengambil resiko besar dlm jurusan hanya karena masalah gengsi dan hal - hal konyol lainnya. Jika dari awal kalian sudah kepayahan dlm hal tersebut maka kalian akan berakhir di 3 pilihan yaitu, kalau tak mati muda, cepat tua, / cepat botak! Yah namanya jg makan hati. Jika kalian memiliki keahlian dan minat di bidang teknologi jangan ragu untk mengambil jurusan sistem informasi / elektronik. Dengan memilih jurusan studi yg sesuai dgn kemampuan kalian, kalian tentu akan senang dlm menjalani hari - hari masa kuliah kalian. IP tinggi pun akan cenderung mudah didapat karena kalian memang memiliki kemampuan di bidang tersebut.
2. Ketertarikan dan Minat
Banyak sekali orang - orang yg mengambil jurusan studi kuliah didasarkan pd prospek kerja di masa depan oleh jurusan studi tersebut. Namun, kalian jangan lupa jg bahwa hal yg paling penting dan mendasar dlm menetukan pilihan jurusan studi kuliah adlh minat dan ketertarikan kalian terhadap bidang tersebut. Jika kalian memiliki ketertarikan akan bidang tersebut maka sepusing - pusingnya kalian, kalian tetap akan menikmatinya dan merasa senang sekaligus bangga. Dengan begitu maka penguasaan materi pun akan terasa mengalir, dan hasilya saat kalian sudah lulus, kalian akan menjadi lulusan yg menguasai teori bidang tersebut dgn baik. kompeten dlm implementasi praktek, siap bersaing secara global, serta memiliki minat ketertarikan yg besar akan bidang tersebut. Nothing to lose, isn't it?
3. Faktor Uang
Ini bisa jadi merupakan faktor yg tak bisa kalian sangkal. Sebaiknya kalian harus perhitungkan masalah uang dlm memilih jurusan studi kuliah kalian. Kalian harus menghitung kira - kira apakah kalian sanggup dgn biaya kuliah di universitas tersebut. Terlebih lagi jika kalian memilih untk kos, maka biaya hidup di kos tentu harus dipertimbangkan juga. Namun, kalain jg harus tahu bahwa faktor uang bukanlah segalanya! Jangan sampai karena faktor uang, lalu kalian menutup diri dari minat dan panggilan jiwa kalian terhadap jurusan studi tersebut. Kalian bisa mencari kemungkinan beasiswa dari jurusan yg akan kalian pilih tersebut. Uang dan ilmu, tetaplah lebih penting ilmu!
4. Komitmen
Ini jg sebaiknya kalian masukkan dlm aspek pertimbangan kalian dlm memilih jurusan studi kuliah kalian. Pertanyaan yg harus kalian jawab adlh seberapa jauhkah kalian berkomitmen untk jurusan studi kuliah tersebut> Apa kalian yakin mau mengorbankan waktu kuliah kalian demi mempelajari ilmu tersebut? Apa kalian cukup sabar dlm menyelesaikan jurusan studi kuliah yg kalian pilih hingga memperoleh sarjana? Pastikanlah kalian akan selalu berkomitmen sebelum menentukkan jurusan.
5. Nilai-Nilai Yang Kalian Anut
Maksud dari nilai - nilai yg kalian adlh nilai - nilai yg berhubungan dgn sosial, kemanusiaan, dan religius. Mungkin istilahnya dalah panggilan jiwa. Mungkin saja kalian memiliki panggilan hidup untk menolong anak - anak yg tergolong tak mampu dan putus sekolah, maka tak ada salahnya kalian mengambil jurusan untk menjadi seorang guru. Jika kalian memimpikan peningkatan kualitas hutan di Indonesia, kalian bisa mengambil jurusan ilmu kehutanan. Atau mungkin kalian memiliki panggilan hidup untk menolong sesama dlm rangka menolong nyawa orang sakit di daerah tak mampu, kalian bisa mengambil jurusan kedokteran.
6. Waktu dan Aspek-Aspek Praktikal Lainnya
Setiap jurusan tentu saja memiliki rentang waktu yg berbeda - beda untk menyelesaikan suatu studi. Misalnya saja jika kalian ingin menjadi seorang dokter, kalian diharuskan kuliah dan praktek setidaknya 5 tahun sebelum kalian dpt bekerja sebagai dokter sungguhan. Nah, faktor waktu ni dipertimbangkan jg dgn faktor usia kalia dan tentu saja dgn target - target kalian di masa depan nanti. Contohnya saja kapan kalian akan menikah. ataukah bekerja, hidup mapan, serta berbagai hal lainnya
7. Masukan Dari Orang Lain
Kalian bisa meminta pendapat dan masukkan dari orang lain mengenai jurusan studi kuliah yg nantinya akan kalian ambil. Mereka akan memberikan masukkan mengenai baik dan buruknya bidang studi kuliah tersebut. Mungkin saja orang yg kalian minta pendapatnya tersebut dpt melihat lebih jeli mengenai kelebihan - kelebihan yg kalian miliki dibandingkan dgn diri kalian sendiri. Cobalah untk menyelaraskan pendapat tersebut dgn minat dan tujuan kalian.
8. Pertimbangan-Pertimbangan Spiritual dan Agama
Nilai spiritual dan agama tentu saja merupakan unsur dan faktor yg penting di dlm masyarakat di Indonesia. lalu apa hubungannya dgn memilih jurusan kuliah yg tepat? Begini, dlm kasus tertentu bisa saja jurusan yg hendak kalian ambil dgn kualitas yg terbaik berada di Universitas yg dinaungi oleh lembaga keagamaan yg berbeda dgn kepercayaam kalian. Ini bisa saja menimbulkan konflik batin dlm diri kalian. Dalam kasus tertentu bisa saja berakibat pd hubungan sosial masyarakat! Walaupun memang kemungkinannya kecil karena Indonesia memiliki toleransi beragama yg cukup.

9. Situasi Global Internasional, Nasional, dan Lokal
Kalian harus menyadari dimana masa kalian hidup saat ini. Bidang apakah yg sekiranya dibutuhkan saat zaman ini? Apa jurusan yg sekiranya akan menjanjikan prospek hidup nyaman? Pertimbangkan jg kalian ni hidup di negara mana? Kota mana? Contoh di negara Indonesia biasanya para pekerja IT kurang dihargai dan dituntut serba bisa! Sebaiknya kalian cari di forum - forum pengalamn - pengalaman orang - orang yg bekerja pd bidang yg kalian inginkan. Pandai - pandai memprediksi sekiranya jurusan apa yg nantinya akan dibutuhkan dan memberikan kontribusi vital.
10. Persiapkan Alternatif
Jika karena beberapa hal dan pertimbangan, akan mengakibatkan kalian tak memasuki jurusan kuliah di Universitas tertentu. Kalian sebaiknya mempersiapkan alternatf / rencana cadangan. Mungkinkah kalian mengambil jurusan lain? Atau menunda kuliah tahun ni dan mencobanya di tahun berikutnya? Dengan adanya rencana alternatif maka kalian akan lebih percaya diri dan siap secara mental dlm membuka peluang yg pd awalnya tak kalian sadari.
Cara Memilih Jurusan Kuliah
Nah, artikel 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat tadi menurut saya adlh sekian banyak tips yg cukup tepat sasaran untk manusia yg sedang galau dlm memilih jurusan kuliah yg akan di ambil. Bacalah dgn seksama faktor - faktor apa saja yg akan mempengaruhi kalian dlm mengambil suatu jurusan studi kuliah. Jangan sampai kalian salah dan berakhir tambah galau. Banyak jg beberapa teman saya yg pd akhirnya justru berhenti, mengambil jurusan lain, / malah mengambil dual degree. Pilihan ada di tangan kalian jadi pikirkanlah masak - masak.
Artikel Terkait Mengenai 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Terimakasih Telah Membaca Artikel 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat
Jika kalian menyukai artikel 10 Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Terimakasih telah berkunjung

other source : http://liputan6.com, http://ayeey.com, http://pinterest.com

0 Response to "Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *