This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Serba 10] 5 Gurun Paling Unik Di Dunia

5 Gurun Paling Unik Di Dunia - Hamparan pasir, bebatuan, bahkan rerumputan terhampar luas di alam, kita biasanya mengenalnya dgn padang, gurun, savana / sabana. Tapi ternyata ada fenomena unik dan mengagumkan yg membuat padang dan gurun tersebut terlihat lebih indah. Berikut kami merangkum 5 Gurun Paling Unik Di Dunia :

1. Gurun Garam Terbesar - Salar de Uyuni, Bolivia
5 Gurun Paling Unik Di Dunia
Gurun garam terbesar di dunia ni terletak di Bolivia, dikenal dgn nama Salar de Uyuni. Gurun Garam seluas 10.582 Km2, merupakan hampara kristal garam serta mineral lainnya seperti sodium, potassium, lithium, magnesium dan boraks. Yang membuat Salar de Uyuni ni menjadi indah adlh pantulan kondisi langit dipermukaan gurun. Keindahan lainnya di Salar de Uyuni adlh danau-danau kecil yg ada di sekitarnya yg jg memiliki warna beragam.

2. Gurun Terkering di Dunia - Atacama, Chile
5 Gurun Paling Unik Di Dunia
Berdasarkan laporan NASA, Gurun Atacama yg terletak di Chile adlh gurun yg terkering di Dunia. Bahkan laporan tersebut dibenarkan oleh National Geografi, bahkan 10 kali lebih ekstrem dari Death Valley yg ada di Amerika Serikat. Gurun unik yg memiliki luas 105.000 Km2 ni terbentuk oleh danau garam, aliran lava dan pasir. Curah hujan rata hanya 1 mm tiap tahunnya, bahkan hampir tak terjadi hujan sekalipun. Saking keringnya, puncak tertingginya saja (6.500 m) bahkan tak memiliki glasier.

3. Gurun yg Ditutupi Salju - Taklamakan, China
5 Gurun Paling Unik Di Dunia
Taklamakan merupakan salah satu gurun pasir terbesar di dunia, gurun unik ni berada di urutan ke-15 dari sejumlah gurun terbesar di dunia. Taklamakan menutupi area Danau Tarim seluas 270.000 Km2, dgn panjang 1.000 Km dan lebar 400 Km. Berdasarkan catatan sejarah, para pedagang dan petualang Jalur Sutra sangat menghindari untk melalu guru Taklamakan yg gersang ini.

Pada 2008 lalu sesuatu yg unik terjadi di Taklamakan, yakni ketika turun salju hebat dgn temperatur paling rendah selama 11 hari. Padahal salju sangat jarang sekali turun di kawasan Taklamakan, tapi saat itu salju bahkan menutupi gurun seluas 337.600 Km2 hingga akhirnya menutupi seluruh kawasan gurun.

4. Gurun Pasir Merah - Simpson Desert, Australia
5 Gurun Paling Unik Di Dunia
Gurun Simpson merupakan gurun keempat terbesar di dunia, terletak di kawasan utara, selatan dan Queensland di pusat Australia. Uniknya hamparan pasir yg terdapat di Simpson ni bukanlah, cokelat, hitam ataupun putih, melainkan berwarna merah. Gurun Simpson memiliki ketinggian yg bervariasi, mulai dari 1 meter hingga 30 meter, dan yg paling terkenal adlh Big Red dgn ketinggian 40 meter. Tapi meskipun kondisi lingkungan di Gurun Simpson ekstrem, masih ada tanaman yg mampu beradaptasi dan tumbuh subur seperti alang-alang (spinefez), serta 180 jenis burung, kadal dan binatang berkantung.

5. Gurun Permukaan Bulan - Tabernas, Spanyol
5 Gurun Paling Unik Di Dunia
Gurun Tabernas terletak di Provinsi Almeria, Spanyol, merupakan satu dari dua gurun yg ada di benua Eropa. Keunikan yg terdapat di Tabernas adlh lansekapnya yg menyerupai bulan, mulai dari warna hingga topografinya. Dan seperti kebanyaka gurun pasir yg lainnya di dunia, iklim di Tabernas sangat tinggi dan kering. Saking keringnya ketika terjadi hujan maka dgn mudah akan terjadi erosi, sehingga permukaan gurun akan terbentuk secara alami.

source : http://infoxunik.blogspot.com, http://imgur.com, http://detik.com

0 Response to "[Serba 10] 5 Gurun Paling Unik Di Dunia"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *