This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Secara Alami & Mudah - Bayi

kaemfret.blogspot.com - Kesehatan sistem pencernaan tak boleh disepelekan karena apabila sistem pencernaan ni terganggu maka bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pd tubuh kita. Seperti yg kita ketahui bahwa ketika kita mengkonsumsi suatu makanan maka makanan tersebut akan dicerna oleh lambung dan usus. Lambung dan usus ni bertugas untk menyerap sari makanan yg telah kita konsumsi dan kemudian sisa olahan nya akan dikeluarkan dari tubuh kita dlm bentuk feses.


Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Secara Alami & Mudah
Begitu besar peranan serta fungsi lambung dan usus ni bagi sistem pencernaan kita sehingga maka dari itu apabila ingin sistem pencernaan kita selalu sehat dan lancar maka jagalah kesehatan lambung serta usus kita. Bagaimana caranya ? daripada Anda penasaran yuk kita simak saja bagaimana tips menjaga lambung dan usus secara alami agar sistem pencernaan menjadi sehat dibawah ini.
Baca Juga : Cara Mengatasi Kram Perut Dengan Cepat dan Ampuh
Cara Menjaga Sistem Pencernaan
1. Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Berserat Kunci pertama agar sistem pencernaan tetap sehat dan lancar adlh dgn cara memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat ni mampu membantu dan memudahkan kerja usus untk mengeluarkan sisa-sisa olahan sari makanan dlm bentuk feses sehingga BAB Anda menjadi lancar dan tak keras. Makanan berserat ni bisa Anda dapatkan dari buah alpukat, kacang merah, buncis, kiwi dan masih banyak lagi.
2. Konsumsi Air Putih Cukup Kemudian tips selanjutnya adlh selalu menjaga cairan didalam tubuh, maka dari itu jangan lupa untk selalu mengkonsumsi air putih cukup tiap hari setidaknya 8 gelas dlm sehari. Kekurangan air putih tidka hanya membuat tubuh menjadi dehidrasi tetapi jg membuat sistem pencernaan menjadi kacau dan menyebabkan sembelit.
3. Makan Secara Teratur Untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat maka Anda harus selalu makan tepat waktu dan jangan sampai telat. Telat makan / makan yg tak teratur tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh maupun pencernaan dan membuat lambung terluka, bahkan dlm jangka waktu yg panjang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit maag kronis. So, maka dari itu agar lambung Anda tetap sehat maka makanlah secara teratur agar lambung kita tetap sehat dan sistem pencernaan bisa berjalan lancar.
4. Kunyah Makanan Sedikit Lama Tips selanjutnya adlh Anda harus membiasakan mengunyah makanan agak sedikit lama. Meskipun terlihat sepele tetapi hal ni bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Ketika kita mengunyah makanan agak agak sedikit lama maka makanan tersebut menjadi lebih halus sehingga dinding lambung tak terluka dan proses penyerapan makanan jg menjadi lebih lembut. Selain itu, makanan yg dikunyah agak sedikit lama bisa membuat kita terhindar dari peningkatan asam lambung karena sebelumnya sudah dinetralkan oleh air liur.
5. Tinggalkan Kebiasaan Buruk Kebiasaan buruk seperti apa saja yg bisa membuat pencernaan kita menjadi terganggu ? di antaranya adlh terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan pedas, terlalu banyak mengkonsumsi minuman soda, minuman berkafein dan minuman beralkohol. Anda harus meninggalkan kebiasaan buruk diatas, lebih baik kita perbanyak mengkonsumsi air putih, buah dan sayur saja agar sistem pencernaan tetap sehat.
6. Kendalikan Stres Siapa yg tak pernah mengalami stres ? saya rasa stres merupakan sesuatu yg wajar dan hampir tiap orang didunia ni pasti pernah mengalami yg namanya stres. Tetapi jangan biarkan stres menguasai Anda karena hal ni tak hanya membuat kita rentan depresi tetapi jg bisa menganggu sistem pencernaan. Maka dari itu kendalikan diri Anda dari stres dan sebisa mungkin jauhi hal-hal yg bisa menyebabkan Anda menjadi stres.
7. Olahraga Kemudian terakhir yaitu dgn berolahraga. Olahraga merupakan cara paling mudah dan menyenangkan untk menyehatkan sistem pencernaan. Anda cukup dgn jogging / olahraga lainnya selama 30 menit dlm sehari maka selain tubuh menjadi bugar, sistem pencernaan kitapun menjadi sehat. So, luangkan lah waktu untk berolahraga.
Baca Juga : Susah BAB ? Konsumsi 7 Makanan Alami Ini
Itulah cara menjaga kesehatan sistem pencernaan secara alami dan mudah. Ingat, tubuh yg bugar berawal dari sistem pencernaan yg sehat. So, maka dari itu jangan sepelekan kesehatan lambung dan usus Anda karena kedua organ tersebut mempunyai peran penting dlm sistem pencernaan Anda.

other source : http://cantiksehatgue.blogspot.com, http://dailymotion.com, http://tribunnews.com

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Secara Alami & Mudah - Bayi"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *