This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[[WAJIB BACA]] KOK BISA INDONESIA TERANCAM KARENA ISIS? 99564

Jika mendengar nama ISIS / Negara Islam Irak dan Suriah, mungkin kita akan bergidik ngeri mendengar berita mengenai berbagai kekerasan yg dilakukannya di kawasan Timur Tengah. Mungkin kita jg akan merasa semakin bergidik ngeri ketika mengetahui bahwa Indonesia termasuk negara yg memiliki kemungkinan terkena pengaruh kelompok ekstremis tersebut. Tapi, tunggu dulu. Kok bisa Indonesia menjadi wilayah target ISIS? Kan negeri kita tercinta ni letaknya jauh dari Timur Tengah, apalagi dari Irak dan Suriah.

Hal ni sebenarnya berawal dari kemunculan sebuah video terkait propaganda ISIS di pertengahan tahun 2014 lalu, di mana di dalamnya terdapat seorang pria asal Indonesia. Pria di video tersebut mengaku bernama Abu Muhammad Al-Indonesi yg menyerukan agar rakyat Indonesia mendudkung perjuangan ISIS menjadi khilafah dunia. Dalam video berdurasi sekitar delapan menit tersebut, Al-Indonesi berkali-kali berseru bahwa sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, sudah sepatutnya masyarakat Indonesia mendukung penuh gerakan ISIS yg disebutnya sebagai perjuangan untk menegakkan syariat Islam.

Namun jika dilihat lebih jauh, sebenarnya ada alasan lain yg menjadi dasar mengapa Indonesia dianggap sebagai salah satu target potensial ISIS. Menurut mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyaad Mbai, Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia menjadi salah satu target ISIS karena dianggap melemahkan jaringan teroris di Indonesia. Hal ni terlihat ketika Al-Indonesi di dlm video terkait menantang Panglima TNI Moeldoko dan Kepolisian Indonesia untk memberantas ISIS.

Adapun kaitan antara ISIS dan jaringan teroris di Indonesia adalah keduanya sama-sama bertujuan menegakkan syariat Islam. Selain itu, banyak mujahid (sebutan bagi simpatisan jaringan teroris) asal Indonesia yg membantu gerakan ISIS dan jaringannya di Timur Tengah. Konon kabarnya, banyak mujahid Indonesia yg memiliki kecakapan perang yg baik sehingga disukai oleh ISIS untk membantu aksi jihadnya. Wait, jihad? Jihad versi siapa? Sudah jelas konsep jihad yg diajarkan Islam bertentangan dgn aksi-aksi yg dilakukan oleh ISIS selama ini.

Sebenarnya aksi nyata ISIS belum tampak di Indonesia, namun karena video propaganda tersebut, negeri ni pun langsung bersikap waspada menghadapinya. Pihak Kepolisian bekerja sama dgn BNPT dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara cepat memberikan rekomendasi kepada pemerintah untk melarang ISIS hadir di Indonesia.

Ada tiga hal yg mendasari larangan tersebut. Alasan pertama adalah sumber dana besar yg diraih ISIS kabarnya banyak didapat dari hasil tindak kriminal. Alasan kedua adalah adanya indoktrinisasi konsep baiat (kekerasan) dlm aksi yg dilakukan oleh ISIS, di mana jelas sangat bertentangan dgn ajaran Islam. Adapun hal ketiga adalah karena ISIS ingin membentuk sistem kekhalifahan daulah Islamiyah / negara Islam, di mana jelas bertentangan dgn bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yg telah menjadi harga mati negeri ini.

Meskipun dinilai sebagai sebuah ancaman besar, namun beberapa pengamat politik Islam tanah air menilai bahwa ideologi ISIS kurang meyakinkan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu intelektual Islam, Komaruddin Hidayat, berpendapat bahwa ideologi yg dianut oleh ISIS tak realistis bagi masyarakat Indonesia yg didominasi oleh Muslim moderat. Namun menurut pengamat terorisme, Taufik Andrie, impian untk membentuk kehalifahan di Irak dan Suriah yg digaungkan oleh ISIS mampu membangkitkan semangat kelompok militan dlm negeri.

Adalah tugas kita sebagai warga yg bernaung di bawah payung NKRI untk turut serta berpartisipasi aktif dlm mencegah berkembangnya pengaruh ISIS di tanah air. Berbagai lembaga pemerintah yg mengruusi isu terorisme, seperti BNPT, Kepolisian Indonesia melalui Densus 88, dan jg TNI diharapkan terus menjaga kerja sama baik dlm peningkatan sosialisasi isu terorisme kepada masyarakat luas. Marilah kita sama-sama cegah sebaran ISIS di Indonesia sejak dini demi kehidupan yg damai.[[WAJIB BACA]] Kok Bisa Indonesia Terancam Karena ISIS? Amerika Beri Senjata untuk ISIS. Kok Bisa mdash 23/10/2014 0 INDONESIA SATU, ANKARA mdash Presiden Turki Tayyip Erdogan Rabu mengatakan, 6 Kota Kecil di Indonesia yang Bisa Dikelilingi 1 Mandiri Sekuritas IHSG Berpotensi Lanjutkan Mengu Jika mendengar nama ISIS atau Negara Islam Irak dan Suriah, mungkin kita akan bergidik ngeri mendengar berita mengenai berbagai kekerasan yang dilakukannya

source : http://kompas.com, http://situsberita2terbaru.blogspot.com, http://tempo.co

0 Response to "[[WAJIB BACA]] KOK BISA INDONESIA TERANCAM KARENA ISIS? 99564"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *