This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Tholabul Ilmi Minal Mahdi Ilalahdi Adalah Hadist Maudhu' - SHALAT

kaemfret.blogspot.com - hadits maudhu ini' :

Tholabul Ilmi Minal Mahdi Ilalahdi Adalah Hadist Maudhu'

sangat populer dikalangan masyarakat, termasuk hal yg mengherankan kitab-kitab yg dikarang dlm (menjelaskan) hadits-hadits yg tersebar tak menyebutkannya
perkataan ini

طلب العلم من المهد إلى اللحد
"mencari ilmu itu dari buaian (gendongan, tempat ayunan bayi) sampai ke liang lahad."
dan diriwayatkan pula dgn bentuk kalimat
اطلبوا العلم من المهد إلى اللحد
"kalian semua mencarilah ilmu mulai dari tempat ayunan bayi sampai ke liang lahad."
kalimat tersebut bukanlah hadits nabawi.
kalimat tersebut hanya merupakan ucapan orang-orang, maka tak boleh disandarkan pd Rosulillah shollallohu alaihi wasallam kecuali hal-hal yg Beliau lakukan, sabdakan / yg Beliau tetapkan (akui).
dlm perkataan tersebut maknanya benar secara tekstual dan benar dlm dakwahnya tak boleh dinisbatkan pd Nabi shollallohu alaihi wasallam.

Al-Khafidz Abul khajjaj berkata :
tak diperbolehkan bagi seseorang menisbatkan perkataan yg dianggapnya baik kepada Rosulillah shollallohu alaihi wasallam, meskipun secara tekstual kalimat tersebut memang benar adanya, karena sesungguhnya tiap apa yg disabdakan oleh Rosululloh itu benar, tapi tidaklah tiap yg benar itu disabdakan oleh Rosululloh.
selesai dari kitab Dzail Al-Maudlu'at milik Al-khafidh s-Suyuthiy hal. 202

Abu Yusuf di saat (sakit menjelang) kematiannya membahas/mengkaji satu masalah fiqh.
Imam ni Abu Yusuf yg menjadi qodhi (Ya'qub bin Ibrahim Al-Anshoriy Al-Kufiy kemudian Al-Baghdadiy) dilahirkan pd tahun 113 H, wafat tahun 182 H (usia 69) rohimahulloh, sahabat Imam Abi Chanifah dan jg murid Beliau, penyebar ilmu dan madzhab beliau, Qodiy kerajaan kekhalifahan abbasiyyah yg tiga : Al-Mahdiy, Al-Hadiy, dan Ar-Rosyid. Abu Yusuf orang pertama yg dipanggil dgn sebutan Qodlil Qudhoh, dan jg disebut Qodli Qudlot dunia.
beliau membahas / mengkaji - di waktu naza' dan dzama' (sisa nyawa) : nyawa akhir dari kehidupan - terhadap sebagian penjenguk/orang yg membesuknya dlm masalah seputar fiqh, karena mengharap manfaat dgn fiqh bagi orang yg mengambil faidah / orang yg belajar, detik akhir dari detik-detik kehidupannya tidaklah sepi dari usaha untk mudzakaroh ilmu, memberi faidah, dan mencari faidah.
murid beliau Qodli Ibrohim Al-Jaroch Al-Kufiy kemudian Al-Mishriy berkata : Abu Yusuf sakit, saya pun datang menjenguknya, saya dapati beliau pingsan, ketika siuman beliau berkata kepada saya : wahai Ibrohim apa pendapatmu terhadap sebuah masalah ? saya berkata : dlm keadaap seperti ni ? beliau berkata : tak masalah dgn hal itu saya belajar semoga orang yg selam bisa selamat.
kemudian beliau berkata : wahai Ibrohim, lebih utama yg mana dlm melempar jumroh - yakni dlm ibadah (manasik) haji - melemparnya dgn jalan kaki / naik kendaraan ? , saya menjawab : dgn naik kendaraan , beliau berkata : kamu salah , saya berkata : dgn jalan kaki , beliau berkata : kamu salah , saya berkata : katakanlah mengenai hal itu. semoga Allah meridloimu, beliau berkata : adapun jika berhenti/berdiri ketika melempar untk doa, maka yg lebih utama dgn jalan kaki, jika tak berhenti/berdiri ketika melempar maka lebih utama dgn naik kendaraan.
kemudian saya berdiri di sisi beliau, maka saya tak sampai ke pintu rumah beliau sehingga saya mendengar suara teriakan, dan ternyata beliau sudah wafat. semoga Allah merahmatinya.
dan ni adlh thoriqoh para alim dan para syaikh, maka sesungguhnya mereka berkata :

طلب العلم من المهد إلى اللحد
"mencari ilmu itu mulai dari buaian/tempat ayunan bayi hingga liang lahad." Wallahu a'alam bishowab

Refrensi:


Assuyuthi halaman. 202

وهذا الحديث الموضوع: (اطلبوا العلم من المهد إلى اللحد) مشتهر على الألسنة كثيرا، ومن العجب أن الكتب المؤلفة في (الأحاديث المنتشرة) لم تذكره.
لسيوطي ص 202.
kitab qimatus zaman indal ulama' halaman 29

هذا الكلام: (طلب العلم من المهد إلى اللحد) ويحكى أيضا بصيغة (اطلبوا العلم من المهد إلى اللحد): ليس بحديث نبوي، وإنما هو من كلام الناس، فلا تجوز إضافته إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم كما يتناقله بعضهم، إذ لا ينسب إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم إلا ما قاله أو فعله أو أقره.
وكون هذا الكلام صحيح المعنى في ذاته وحقا في دعوته: لا يسوغ نسبته إلى النبي صلى الله عليه وسلم، قال الحافظ أبو الحجاج الحلبي المزي: ((ليس لأحد أن ينسب حرفا يستحسنه من الكلام إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم، وإن كان ذلك الكلام في نفسه حقا، فإن كل ما قاله الرسول صلى الله عليه وسلم حق، وليس كل ما هو حق قاله الرسول صلى الله عليه وسلم)).
انتهى من كتاب ((ذيل الموضوعات)) للحافظ


أبو يوسف ساعة موته يباحث في مسألة فقهية
وهذا الإمام أبو يوسف القاضي (يعقوب بن إبراهيم الأنصاري الكوفي ثم البغدادي)، المولود سنة 113، والمتوفي سنة 182 رحمه الله تعالى، صاحب الإمام أبي حنيفة وتلميذه وناشر علمه ومذهبه، وقاضي الملوك الخلفاء العباسيين الثلاثة: المهدي والهادي والرشيد، وأول من دعي: قاضي القضاة، وكان يقال له: قاضي قضاة الدنيا:
يباحث - وهو في النزع والذماء: النفس الأخير من الحياة - بعض عواده في مسألة فقهية، رجاء النفع بها لمستفيد أو متعلم،ولا يخلي اللحظة الأخيرة من لحظات حياته من كسبها في مذاكرة علم وإفادة واستفادة.
((قال تلميذه القاضي إبراهيم بن الجراح الكوفي ثم المصري: مرض أبو سيف، فأتيته أعوده، فوجدته مغمى عليه، فلما أفاق قال لي: يا إبراهيم، ما تقول في مسألة؟ قلت: في مثل هذه الحالة؟! قال: ولا بأس بذلك، ندرس لعله ينجو به ناج؟
ثم قال: يا إبراهيم، أيما أفضل في رمي الجمار - أي في مناسك الحج - أن يرميها ماشياً أو راكباً؟ قلت: راكباً، قال: أخطأت، قلت: ماشياً، قال: أخطأت، قلت: قل فيها، يرضى الله عنك. قال: أما ما كان يوقف عنده للدعاء، فالأفضل أن يرميه ماشيا، وأما ما كان لا يوقف عنده فالأفضل أن يرميه راكباً. ثم قُمت من عنده، فما بلغت باب داره حتى سمعت الصراخ عليه، وإذا هو قد مات، رحمه الله عليه
وهذه طريقة العلماء والمشايخ، فإنهم يقولون: - طلب العلم - من المهد إلى اللحد))
Qimah az-Zaman ‘inda al-‘Ulama hal 30

هذا الكلام : (طلب العلم من المهد الى اللحد) ويحكى أيضا بصيغة (اطلبوا العلم من المهد الى اللحد) : ليس بحديث نبوي ، وإنما هو من كلام الناس ، فلا تجوز إضافته إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم كما يتناقله بعضهم ، إذ لا ينسب إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم إلا ما قاله أو فعله أو أقره.

other source : http://viva.co.id, http://al-chikam.blogspot.com, http://log.viva.co.id

0 Response to "Tholabul Ilmi Minal Mahdi Ilalahdi Adalah Hadist Maudhu' - SHALAT"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *