This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Masakan Manado] Mie Goreng Seafood dengan Sayuran

Mie Goreng Seafood dengan Sayuran
kaemfret.blogspot.com - Sebenarnya saya bukan termasuk penggila mie dan pasta, dan dlm satu bulan mungkin frekuensi saya menyantap makanan ni bisa dihitung dgn jari. Terus terang saya memang menghindarinya, karena jika sekali saja terpeleset maka bisa dipastikan saya pasti ingin terus dan terus mencicipinya. Kecanduan mie hampir sama seperti kecanduan nasi Padang yg jika tak hati-hati maka berat badan bisa langsung naik dgn cepat. Contohnya beberapa hari terakhir ini, dimulai dgn spaghetti casserole yg hampir seperempat porsi saya sikat sendiri (baru kemudian sisanya saya bawa ke kantor untk diserbu teman-teman disana); Dilanjutkan pd malam Jumat kemarin saya membuat seporsi besar spaghetti saus seafood yg alamak lezatnya hingga rasanya saus yg menempel di piring ingin saya jilat sampai licin tandas; Dan yg terakhir weekend kemarin saat perut lapar melanda di pukul delapan malam, hari saya pun berakhir dgn sepanci besar mie goreng seafood yg hampir membuat perut terasa meledak kekenyangan. Pagi tadi dgn rasa was-was saya pun naik ke timbangan badan di sudut dapur dan menjerit kala melihat jarum meluncur ke angka 57 kg. Berat badan saya naik 2 kg dlm 1 minggu! Tobat dah!

Spaghetti Casseole: Kenyang! Lezat! Puas!
Angel Hair dgn Saus Seafood

Mie Goreng Seafood dengan Sayuran
Mie Goreng Seafood dengan Sayuran

Mie goreng dan rebus keduanya sama lezatnya sehingga jika saya ditanya versi mana yg paling disuka maka akan susah untk menjawabnya. Kala hujan melanda dgn suhu udara yg dingin memang mie rebus yg segar dgn kuah yg gurih menjadi pilihan. Ditambah dgn potongan cabai rawit dan banyak sayuran, mie kuah memang tak ada matinya memuaskan lidah. Tapi siapa yg bisa menolak kala seporsi mie goreng berwarna kecoklatan yg kaya rasa terhidang di depan mata? Bumbu dan aneka saus yg erat menempel di sekujur badan mie membuatnya terasa super tasty di lidah. Ketika baru belajar memasak mie, saya selalu menghindar membuat mie goreng. Mie rebus jauh lebih mudah dimasak. Kendala memasak mie goreng adlh sulitnya menyeimbangkan rasa dan bumbu kala mie diaduk, sehingga seringkali mie berakhir gosong / rasa bumbu yg tak merata, sebagian terasa asin sebagian plain.

Nah, berbicara mengenai makanan ini, dulu waktu saya masih kecil dan tinggal di Paron, Ngawi, ada satu penjual mie goreng di sudut jalan di Ngawi yg menjadi langganan Alm. Bapak saya. Porsi mienya luar biasa jumbo, sehingga sebungkus mie bisa dimakan hingga empat orang. Rasanya sedap dgn lumuran kecap manis dan bumbu yg nendang. Potongan ayam dan telur jg dimasukkan dgn royal. Bagi kami, keluarga besar dgn penghasilan Bapak yg pas-pasan, menyantap mie goreng Ngawi ni sudah terasa seperti pesta. Setiap malam Minggu, Bapak akan pergi bersama sepeda motor buntutnya, biasanya bersama saya / kakak dan adik saya, duduk di boncengan. Menerjang udara malam Paron yg menggigit dan melewati sawah-sawah tanpa lampu yg menerangi. Semua perjalanan itu rela dilalui demi sebungkus mie goreng Ngawi yg bagi kami terasa sangat lezat. ^_^


Mie Goreng Seafood dengan SayuranMie Goreng Seafood dengan Sayuran
Ibu saya sangat jago membuat mie goreng yg sedap, walaupun harus dibuat dlm porsi super besar misalnya saat acara selamatan tiba, rasa mie buatan beliau tetap nendang di lidah. Saya belajar banyak dari beliau untk bisa menghadirkan mie goreng yg lezat. Nah dari hasil penerawangan dan pengamatan selama beliau membuat mie goreng saya pun mengambil beberapa garis besar yg mungkin bisa membantu anda yg masih tersandung kendala membuatnya:
  • Mie direbus terlebih dahulu hingga matang kemudian tiriskan dan beri beberapa sendok makan minyak agar mie tak menggumpal. Gunakan jari tangan anda untk mengurai mie sehingga tiap helainya terkena minyak. Jika anda memasak spaghetti / pasta maka cara ni tak disarankan. Pasta yg terlumuri oleh minyak membuat saus kurang mampu menempel dgn sempurna. Sebaiknya ketika memasak pasta, kala pasta ditiriskan maka sisihkan sedikit air rebusannya. Kala pasta diaduk bersama dgn saus maka encerkan saus dgn menambahkan sedikit air rebusan pasta yg anda sisihkan tadi. Ini membuat saus bisa terdistribusi dgn baik di pasta.
  • Tumis bumbu, ayam, seafood, sayuran / bahan lain yg akan anda gunakan terlebih dahulu hingga matang. Pada tahap ni masukkan jg kecap manis, merica, garam dan aneka saus yg akan anda gunakan untk memasak mie. Aduk semua hingga rata. Biasanya tumisan akan mengeluarkan cairan, jangan memasaknya hingga semua cairan mengering. Saat mie masuk, maka dia akan menyerap semua cairan dan membuat hasil mie goreng menjadi lembab dan tak terlalu kering. Jika terlalu kering, tambahkan sedikit air panas / air kaldu.
  • Jika anda menggunakan telur orak-arik sebagai salah satu bahannya, goreng telur secara terpisah, jangan memasaknya langsung bersama bumbu. Telur mentah yg dicemplungkan ke dlm bumbu akan mengikat bumbu dan membuat bumbu tak terdistribusi dgn baik ke bahan lainnya. Masukkan telur orak-arik di tahap terakhir kala mie telah matang dan aduk rata.
  • Jika anda menggunakan aneka saus dan bumbu seperti saus tiram, kaldu istant bubuk, kecap asin, saus tomat, maka hindari memasukkan garam terlalu banyak / jangan masukkan porsi garam terlebih dahulu. Semua saus dan bumbu tersebut memiliki rasa asin sehingga porsi garam bisa dikurangi.
  • Saat mie masuk ke dlm tumisan, matikan api kompor. Aduk mie bersama bumbu dan bahan dlm kondisi api tak menyala. Ini untk memastikan semua bahan tercampur tanpa bagian dasar wajan/panci menjadi gosong. Pada tahap ni cicipi jg rasa mie, sesuaikan rasanya. Biasanya kecap manis dan garam perlu dikoreksi. Ketika semua sudah teraduk dgn baik dan rasanya telah pas di lidah, masak kembali mie di atas kompor dgn api sedang sambil diaduk-aduk hingga panas dan matang.


Mie Goreng Seafood dengan Sayuran
Nah jika anda mengikuti tips yg saya sertakan di atas, maka membuat seporsi bahkan sewajan besar mie goreng bukan pekerjaan yg sulit. Untuk isi mie goreng anda bisa menggunakan apapun yg ada di kulkas, sayuran apapun oke. Dulu Ibu kost saya di Jogya suka sekali membuat mie goreng dgn menggunakan bayam sebagai sayurannya. Gara-garanya di kebun halamannya banyak bayam yg tumbuh dgn liar, dan rasa bayam di mie goreng menurut saya jg lezat. Untuk proteinnya, anda bisa menggunakan ayam goreng suwir, seafood, telur goreng, tahu goreng, daging sapi cincang, sosis, bakso, papan penggilasan, ups! Apapun! ^_^

Ingin rasa yg lebih pedas? Tambahkan saus cabai botolan / rajangan cabai rawit ke dlm tumisan sayuran. Tidak suka dgn kunyit bubuk di dlm tumisan dan ingin versi mie goreng yg lebih coklat warnanya? Skip kunyit dan tambahkan kecap manis lebih banyak. Mudah kan? Yuk kita langsung buat saja! ^_^

Mie Goreng Seafood dengan Sayuran
Mie Goreng Seafood dgn Sayuran Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dgn resep berbahan mie lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Homemade Mie Beras & Ayam Kuah Jahe
Mie Goreng a la Shanghai
Mie AyamJamur & Bakso

Bahan: - 1 bungkus mie telur keriting (berat sekitar 200 - 250 gram) - 6 buah udang ukuran besar, potong-potong. Tambahkan porsinya jika menggunakan udang kecil - 2 buah cumi-cumi, potong melintang tipis ketebalan 1 cm - 1 batang wortel, rajang korek api - 6 - 10 buah jamur champignon, rajang tipis - 2 batang daun bawang iris serong tipis - 2 batang seledri, iris tipis - 5 - 8 lembar sawi putih, rajang tipis - 2 buah cabai hijau besar, buang biji dan iris serong tipis

Bumbu: - 6 siung bawang putih, cincang halus - 1/4 sendok teh kunyit bubuk (optional)
- 1 buah cabai merah keriting, rajang halus. Tambahkan jika ingin versi pedas
- 1 sendok teh merica bubuk - 1 1/2 sendok makan saus tiram - 5 sendok makan kecap manis, tambahkan jika kurang manis dan gelap warnanya - 2 sendok makan saus tomat - 1 sendok teh kaldu bubuk (optional) - 1/4 sendok teh garam (tambahkan jika kurang asin) - 2 sendok makan minyak untk menumis
Cara membuat:

Mie Goreng Seafood dengan Sayuran
Siapkan panci, isi dgn 2 liter air dan rebus hingga mendidih. Masukkan mie kering dan rebus hingga matang (al dente). Jangan berlebihan merebus hingga mie terlalu lunak, tiriskan mie. Tuangkan sekitar 2 sendok makan minyak goreng pd mie dan aduk rata menggunakan jari tangan. Sisihkan.
Mie Goreng Seafood dengan Sayuran
Siapkan panci / wajan, beri 2 sendok makan minyak dan tumis bawang putih hingga harum dan berubah warnanya tanda matang. Masukkan udang dan cumi-cumi, aduk dan tumis hingga berubah warna. Masukkan kunyit bubuk, merica, saus tiram, saus tomat, kecap manis dan kaldu bubuk. Aduk rata dan masak hingga seafood matang.
Mie Goreng Seafood dengan Sayuran
Masukkan semua sayuran, aduk dan tumis hingga sayuran layu dan matang. Tambahkan mie rebus ke dlm tumisan, matikan api kompor dan aduk mie dan tumisan hingga semua bahan tercampur baik. Cicipi rasanya, sesuaikan asin dan manis dgn manambahkan garam dan kecap manis. Jika rasanya telah pas, hidupkan kembali api kompor dan masak mie sambil sesekali diaduk agar tak gosong.

Mie Goreng Seafood dengan Sayuran
Jika mie mulai terlihat agak mengering, tak terlalu basah, angkat dan sajikan panas-panas dgn irisan ketimun dan tomat. Yummy!

other source : http://pinterest.com, http://justtryandtaste.com, http://bbc.co.uk

0 Response to "[Masakan Manado] Mie Goreng Seafood dengan Sayuran"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *