This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Hidangan Berkuah] Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!

Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!
kaemfret.blogspot.com - Dua bulan terakhir ni merupakan bulan yg tersibuk dlm hidup saya,mungkin terlalu 'lebay' untk diucapkan demikian, tapi memang itu lah yg saya rasakan. Mulai dari project di kantor yg berbarengan deadline-nya - semuanya berhubungan dgn implementasi sistem baru di kantor - membuat saya harus masuk tiap hari Sabtu; Adik saya Tedy yg sedang melakukan proses pindah rumah dari Bekasi ke Bogor dan memerlukan satu / dua perabot rumah Pete untk di angkut. Hingga terakhir minggu lalu adik saya, Wiwin mengirimkan pesan panik lewat WA, "Ndang, si Yuk dan Septi sakit panas demam dan pulang kampung semua hari ini, huaaa." Dua nama di dlm pesan Wiwin merupakan asisten rumah tangga yg telah bekerja bertahun-tahun lamanya bersama adik saya. Membayangkan Wiwin yg yang harus membagi waktu antara bekerja di kantor dan mengurus rumah beserta dua bocah lelaki berusia 9 dan 11 tahun membuat saya tak tega juga. Hari Sabtu dan Minggu yg lalu bersama dgn Bulik Sopiah yg tinggal di Depok kami pun hijrah sejenak ke rumah Wiwin di daerah Mampang Prapatan.

Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!
Seperti biasa saya pun menceburkan diri ke dapur dan memasak lauk yg bisa tahan lama di chiller dan freezer, jadi adik saya tinggal memanaskannya sebentar di kompor kala akan menyantapnya. Nah apalagi kalau bukan ungkep daging dan ayam kuning, dua menu andalan Ibu saya yg jg menjadi andalan kami semua untk menyiapkan lauk dgn cepat. Cing, cing, cing sebentar maka potongan daging sapi dan ayam yg telah diungkep matang pun saya simpan di dlm dua wadah tupperware besar. Ayam goreng dan ungkep daging merupakan kegemaran krucil-krucil keponakan saya, Rafif dan Fatih. Sementara saya lebih memilih ikan bandeng goreng yg disantap dgn sambal bunga kecombrang yg kali ni saya posting.

Tahukah anda bunga kecombrang sedap untk dikreasikan menjadi aneka masakan? Bunga yg luar biasa harum dan memiliki rasa sedikit asam segar ni cocok dicampurkan ke dlm bumbu pepes ikan, sayur asam Jakarta, arsik ikan mas, / gulai ikan dgn kuah santan. Harumnya mampu membasmi bau amis pd ikan dan daging-dagingan serta membuat nafsu makan menjadi bertambah. Untuk tahu lebih lanjut mengenai bunga ni anda bisa klik di link postingan saya disini.

Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!
Nah hasil aksi bongkar-bongkar saya di kulkas Wiwin menghasilkan 3 kuntum bunga kecombrang. Sepertinya jika ditumis pedas dgn bawang bombay akan pas disantap dgn ikan bandeng kegemaran saya. Ide sambal kecombrang pun langsung terlintas. Rajangan bunga lantas saya tumis dgn irisan bawang bombay, cabai merah yg dihaluskan dansedikit petai. Rasanya mantap! Anda jg bisa menambahkan rajangan tempe yg dipotong kotak kecil, saya yakin sambal ni tetap laziz. Sayangnya bunga ni tak selalu ada di pasaran, selain toko buah All Fresh, saya biasanya mendapatkannya di pasar Blok A. Seorang Ibu menjualnya bersama sayur-sayuran khas Batak lainnya seperti terung telunjuk dan lokio / bawang batak.

Tidak ada yg sulit membuat makanan ini, jadi jika anda kebetulan melihat kecombrang di pasar tak ada salahnyauntuk mencoba resep sambal ni dan jangan heran jika berpiring-piring nasi pun pindah ke perut. ^_^

Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!
Sambal Bunga Kecombrang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 6 - 10 porsi

Tertarik dgn artikel yg berhubungan dgn kecombrang lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Segudang Manfaat Bunga Kecombrang
Arsik Ikan Mas - Rasanya Juara
Penang Asam Laksa

Bahan:
- 3 - 4 kuntum bunga kecombrang belah dua dan rajang halus, sekitar 300 - 400 gram
- 1 buah bawang bombay, belah dua dan rajang tipis
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 10 buah cabai merah keriting, haluskan
- 10 buah cabai rawit, haluskan
- 2 sendok teh terasi dibakar
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- 3 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan minyak untk menumis

Cara membuat:

Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!
Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bawang bombay dgn api sedang hingga harum, transparan dan berubah menjadi kecoklatan. Masukkan bawang putih cincang, tumis sebentar hingga harum dan matang.
Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!
Masukkan cabai yg telah dihaluskan dan terasi bakar, tumis dan masak hingga cabai matang dan harum. Tambahkan petai dan irisan kecombrang, aduk dan tumis hingga bunga layu. Masukkan merica, garam, gula pasir dan kaldu bubuk jika pakai. Aduk rata dan masak hingga bunga matang dan empuk. Cicipi rasanya dan angkat.
Sajikan dgn nasi putih hangat, yummy!

other source : http://okezone.com, http://justtryandtaste.com, http://youtube.com

0 Response to "[Hidangan Berkuah] Sambal Bunga Kecombrang - Harumnya membuat nafsu makan bertambah!"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *