This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Akuntansi] 11 Manfaat Manajemen Strategi yang Bisa Diperoleh

kaemfret.blogspot.com - Manajemen Strategi

11 Manfaat Manajemen Strategi yang Bisa Diperoleh
Manajemen Strategi
Manajemen Strategi adlh suatu cara dlm mengatur seluruh sumber daya yg dimiliki perusahaan baik itu sumber daya manusia ataupun sumber daya yg lain untk bisa melaksanakan semua aktivitas aktivitas perusahaan yg pd akhirnya mencapai tujuan perusahaan yg telah ditetapkan.

Manajemen strategi memungkinkan sebuah perusahaan untk lebih proaktif daripada reaktif dlm upayanya membentuk masa depan perusahaan itu sendiri, hal tersebut memungkinkan suatu perusahaan untk memulai dan mempengaruhi kegiatan sehingga bisa mengendalikan tujuannya perusahaan itu sendiri.

Pembahasan lebih lengkap bisa anda baca di Manajemen Strategi

Manfaat Manajemen Strategi
Melihat dari definisi manajemen strategi serta pembahasan sebelumnya, manajemen strategi memiliki beberapa manfaat, diataranya adlh :
  1. Manajemen Strategi setidaknya bisa mencegah terjadinya berbagai macam masalah di dlm maupun diluar perusahaan serta meningkatkan kemampuan perusahaan didalam menghadapi sebuah masalah
  2. Manajemen Strategi bisa membuat kondisi atas penolakan terhadap suatu perubahan dpt berkurang.
  3. Manajemen Strategi membuat perusahaan akan bisa melaksanakan seluruh aktivitas operasionalnya secara lebih efisien serta efektif
  4. Keterlibatan tenaga kerja / karyawan perusahaan terhadap perumusuan strategi bisa memperbaiki pengertian karyawan atas penghargaan sebuah produktivitas dlm tiap perencanaan strategi sehingga ujungnya bisa meningkatkan motivasi kerja dan rasa kebersamaan antar karyawan.
  5. Seluruh keputusan yg dijalankan oleh para manajer didalam perusahaan cenderung lebih tepat, hal ni dikarenakan seluruhnya didasarkan pd perencanaan yg sudah matang dan sudah memperhitungkan seluruh aspek yg terkait.
  6. Manajemen Strategi akan membuat pihak manajemen perusahaan akan menjadi bertambah peka terhadap ancaman yg bisa datang dari luar lingkungan perusahaan
  7. Berdasarkan hasil penelitian, dpt ditunjukkan bahwa perusahaan yg mempergunakan konsep manajemen strategi lebih profitable daripada perusahaan yg tak menerapkan manajemen strategi
  8. Kegiatan kegiatan yg saling tumpang tindih akan berkurang
  9. Manajemen Strategi dpt membantu perusahaan bisa dgn mudah beradaptasi pd perubahan perubahan yg terjadi, dan keengganan dari karyawan lama untk berubah bisa dikurangi
  10. Manajemen Strategi dpt mengidentifikasi keungulan komparatif perusahaan didalam lingkungan yg makin beresiko
  11. Manajemen Strategi memberikan arah perusahaan jangka panjang yg jelas yg nanti akan dituju

Itu tadi manfaat Manajemen Strategi yg bisa diperoleh, saya akan tambahkan manfaat manfaat dari manajemen strategi dari beberapa ahli

Manfaat dari Manajemen Strategi menurut David [2002:15] antara lain :
  • Bisa membantu perusahaan dlm menyusun strategi perusahaan yg lebih baik dgn mempergunakan pendekatan yg jauh lebih sistematis, rasional, logis, rasional pd pilihan strategis.
  • Manajemen Strategi adlh sebuah proses dan bukanlah keputusan ataupun dokumen. Tujuan utama dari sebuah proses adlh untk mencapai pengertian serta komitmen dari semua pihak manajer dan karyawan.
  • Suatu proses menyediakan pemberdayaan individual. Pemberdayaan merupakan kegiatan dlm memperkuat pengertian dari karyawan tentang efektivitas dgn cara mendorong serta menghargai mereka para karyawan untk bisa berpartisipasi didalam pengambilan suatu keputusan dan latihan yg inisiatif serta imajinasi.
  • Mendatangkan laba
  • Meningkatkan kesadaran terhadap ancaman eksternal
  • Manajemen Strategi bisa memberikan pemahaman yg lebih baik tentang strategi dari pesaing
  • Manajemen Strategi dpt meningkatkan produktivitas para karyawan
  • Manajemen Strategi bisa membuat berkurangnya penolakan terhadap suatu perubahan dlm perusahaan
  • Manajemen Strategi bisa memberikan pemahaman yg lebih jelas tentang hubungan prestasi dan penghargaan

Sedangkan menurut Greenley, manfaat manajemen strategis akan dirasakan perusahaan seperti berikut :
  1. Manajemen Strategi memungkinkan untk mengidentifikasi, menentukan prioritas, serta eksploitasi peluang yg ada.
  2. Dapat memberikan suatu pandangan yg objektif terhadap masalah manajemen.
  3. Mencerminkan kerangka kerja (frame work) dlm aktivitas kontrol serta koordinasi yg jauh lebih baik.
  4. Manajemen strategi bisa meminimalisir akibat dari suatu kondisi dan perubahan yg tak bagus.
  5. Manajemen strategi memungkinkan supaya keputusan yg besar bisa mendukung dgn lebih baik terhadap tujuan yg sudah ditetapkan.
  6. Manajemen strategi membuat alokasi waktu dan sumber daya yg ada lebih efektif untk memaksimalkan peluang yg sudah terindentifikasi.
  7. Memungkinkan alokasi sumber daya yg ada dan waktu yg relatif lebih sedikit dlm mengoreksi suatu keputusan yg keliru / tak terencana dgn baik
  8. Bisa menciptakan frame work (kerangka kerja) untk komunikasi internal diantara para staff.
  9. Dapat membantu dlm mengintegrasikan perilaku tiap individu kedalam usaha bersama.
  10. Manajemen strategi bisa memberik dasar untk mengklarifikasi suatu tanggungjawab individu.
  11. Manajemen strategi bisa mendorong suatu pemikiran ke masa yg akan datang.
  12. Manajemen strategi mampu menyediakan pendekatan yg kooperatif, terintegrasi, serta antusias dlm menghadapi suatu masalah dan peluang.
  13. Dapat mendorong terciptanya suatu sikap positif terhadap suatu perubahan.
  14. Manajemen strategi bisa memberi tingkat kedisiplinan dan moralitas kepada manajemen perusahaan.
Ok, itu tadi beberapa manfaat manajemen strategi yg bisa diperoleh oleh perusahaan menurut beberapa para ahli dan beberapa referensi.

source : http://solopos.com, http://slideshare.net

0 Response to "[Akuntansi] 11 Manfaat Manajemen Strategi yang Bisa Diperoleh"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *