This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Kecantikan] Penyebab Gusi Berdarah

Penyebab Gusi Berdarah - Berhati-hatilah jika gusi Anda berdarah saat menyikat / menggosok gigi. Gusi berdarah / gusi yg bengkak bisa jadi merupakan gejala awal dari penyakit gusi. Gangguan pd gusi tersebut bisa disebabkan karena kurangnya perawatan terhadap kesehatan gigi dan mulut. Berikut ni beberapa alasan medis penyebab gusi bengkak dan berdarah.

Penyebab Gusi Berdarah
Kebersihan Mulut yg Buruk

Salah satu penyebab utama dari gusi berdarah dan bengkak adlh kebersihan gigi dan mulut yg kurang terjaga dan terawat. Dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut sebaiknya tak hanya dilakukan dgn menyikat gigi saja karena tak akan mampu menghilangkan seluruh plak, tartar dan sisa makanan pd gigi Anda.
Radang Gusi
Radang gusi (gingivitis) adlh penyebab lain dari gusi bengkak / berdarah. Gusi yg meradang apabila tak ditangani secara cepat bisa mengakibatkan penyakit yg lebih parah pd gusi Anda. Radang gusi pd dasarnya merupakan kondisi kronis yg diakibatkan oleh efek jangka panjang dari plak, bakteri, karang, lendir dan sisa makanan yg menempel pd gigi.
Perubahan Hormonal / Kehamilan
Pada masa kehamilan, gusi akan menjadi lebih sensitif dan kondisi ni sering dikenal dgn istilah gingivitis kehamilan. Saat hamil, terjadi fluktuasi kadar hormon pd tubuh yg akan meningkatkan aliran darah ke gusi dan organ-organ vital lainnya dlm tubuh. Hormon-hormon kehamilan tersebut akan mengganggu respon normal dan sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri. Perubahan hormonal inilah yg akan membuat ibu hamil menjadi lebih mudah terserang infeksi periodontal.
Penyakit Periodontal
Apabila kondisi gingivitis tak ditangani dgn baik, maka bisa menimbulkan penyakit periodontal yg cukup serius. Jika gingivitis hanya menyerang gusi saja, maka penyakit periodontal akan menyebar ke tulang dan jaringan lain yg berhubungan dgn gigi dan gusi. Penyakit periodontal yg sudah parah akan menimbulkan nanah di antara gusi dan gigi apabila tak diobati dgn tepat.
Disfungsi Pendarahan
Gusi berdarah bisa jg diakibatkan oleh disfungsi / ketidakmampuan darah untk membeku saat terjadi pendarahan dlm organ tubuh tertentu. Gusi dan mulut sangat rentan sekali mengalami gangguan pendarahan tersebut dibandingkan dgn organ-organ tubuh manusia yg lainnya.

0 Response to "[Kecantikan] Penyebab Gusi Berdarah"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *