This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[KACER] PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK BURUNG YANG SAKIT

Kicaukan - Pertolongan Pertama Untuk Burung Yang Sakit - Sobat kiucakan, apakah anda pernah punya pengalaman burung anda sakit dan mati? Burung yg sakit bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari perawatan yg salah (kebersihannya), pemberian pakan yg tak tepat, / bisa jg karena cara kita bersikap. Percaya tak percaya, semua itu mempengaruhi kondisi burung baik fisik maupun mentalnya.
Itulah alasan kenapa kita harus merawat burung dgn hati. Artinya kita harus memahami apa keinginan burung dan apa yg dibutuhkannya. Pun jika burung kicauan kita sakit, kita jg harus bisa memahaminya. Untuk mengetahui apa saja ciri-ciri burung yg sakit yg bisa kita amati, silakan anda secara lengkap membacanyadi sini.Sedangkan pd kesempatan ni kami akn berbagi tips kepada Sobat kicau semuanya tentang apa saja pertolongan pertama untk burung yg sakit yg bisa kita lakukan secepat mungkin.
Memang seharusnya jika burung kesayangan kita sakit maka harus segera dibawa ke dokter hewan yg telah berpengalaman menangani penyakit burung. tetapi bagaimana jika kita baru mengetahui burung kicauan kita sakit di malam hari? Yang mana tak mungkin bagi kita untk pergi ke sana. Untuk itu anda harus memberikan pertolongan pertama untk burung yg sakit.
PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK BURUNG YANG SAKIT
Langsung saja, berikut ni beberapa pertolongan yg bisa kita lakukan jika mengetahui burung kicau kita sakit :
1. Pemberian pakan dan minum
Untuk pertolongan kepada burung yg sakit, anda bisa memberikan pakan yg lain daripada biasanya. Berikanlah pakan yg bernutrisi tinggi, misalnya daging, hati, kroto basah, / pakan lain yg memiliki kandungan gizi tinggi lain. Tujuannya adlh agar burung mendapatkan asupan gizi yg baik. Pakan yg diberikan lebih baik dlm bentuk bubur agar mudah dicerna. Berikanlah pakan di dlm cepuk/wadah. Tetapi jika burung tak mau makan maka anda bisa memberikannya secara langsung dgn alat suntik yg berujung pentil/tumpul. Sedangkan untk minumannya, anda bisa memberikan minuman yg bergizi pula, seperti madu, susu, / dgn memberikan buah yg berkadar air tinggi seperti pepaya. Berikan secara langsung dgn alat suntik secara perlahan-lahan. Karena burung yg sedang sakit kehilangan banyak cairan, dikarenakan sering membuang kotoran yg encer. Sedangkan di sisi lain burung yg sakit jarang mau minum. Untuk itu anda harus memaksanya untk makan dan minum.
2. Kondisi lingkungan
Burung yg sedang sakit pasti mengalami penurunan daya tahan tubuhnya, sehingga akan lebih mudah stress. Seperti yg kita tahu, stress dpt memperparah kondisi burung itu sendiri. Untuk itu pastikan lingkungan di sekitar sangkar/kandang burung jauhd ari gangguan. Misalnya gangguan hewan (kucing, tikus, anjing), / gangguan dari manusia. Pengerodongan sangat diperlukan jika burung dlm kondisi sakit.
3. Suhu ruangan/sangkar
Jika anda memiliki banyak burung dlm satu ruangan dan ada satu burung yg sakit, maka segeralah mengisolasi/memisahkan burung yg sakit dari ruangan burung lain. Tujuannya untk menghindari penularan penyakit ke burung lain yg sehat. Untuk penanganan burung yg sakit tersebut usahakan anda menggunakan lampu bohlam berkapasitas 60 watt dan bersuhu 37 derajat C untk memberikan kehangatan. Bungkuslah lampu dgn koran / kertas untk megurangi silau sinarnya tapi kehangatannya tetap bisa dirasakan.
Demikian informasi yg dpt kami sampaikan tentang Pertolongan Pertama Untuk Burung Yang Sakit. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!
Sobat kicau, jika anda menilai artikel ni bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook / tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca jg artikel menarik berikut ni : Ciri-Ciri Burung Yang Sakit Yang Bisa Diamati.

0 Response to "[KACER] PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK BURUNG YANG SAKIT"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *